Skip to main content

Perhiasan Emas 23 Karat

 

1

Apa itu Karat Emas?

Apa sih yang dimaksud dengan karat emas?  Ketika akan membeli suatu emas di sebuah toko pastinya Kita akan ditanya akan membeli berapa karat. Maka dari itu, karat sendiri merupakan suatu pengukuran yang mana dilakukan agar dapat menentukan tingkatan pada kemurnian suatu emas. Fisik dari emas murni sendiri biasa nya terasa lembek oleh sebab itu agar mendapatkan emas dalam bentuk sebuah perhiasan memerlukan pengolahan yaitu penambahan pada unsur logam lain contohnya seperti perak maupun tembaga yang memberikan emas durabilitas agar dapat digunakan menjadi perhiasan dalam sehari-hari. Disebabkan oleh sifat emas lembek, maka kemurnian emas pun dapat untuk dinilai. Semakin emas tersebut lunak, maka dari itu kandungan yang terdapat pada suatu emas akan semakin murni. Akan tetapi, pada setiap toko yang mempunyai kadar serta karat pada emas juga berbeda-beda, dikarenakan penentuan pada kadar serta kandungan emas belum jelas. Contohnya apabila membeli suatu emas di jakarta yang memiliki kadar perhiasan emas 23 karat  akan tetapi beda jika di Jawa Tengah.


Kadar pada emas 23 karat tersebut diakui 80% ,pada saat dilakukan tes pada toko lain mungkin saja hasilnya akan berbeda emas 23 karat dengan memiliki kadar 75%. Maka pertanyaan selanjutnya yaitu,  jika suatu emas memiliki kadar yang tinggi apakah suatu perhiasan tersebut akan semakin bagus lagi? Maka jawabannya belum dapat dipastikan, karena semuanya tergantung dari selera serta kandungan logam yang lain.

Kadar emas yang tinggi serta karat besar pada suatu emas tidak dapat menjadi sebuah jaminan apabila emas tersebut merupakan emas murni. Pasalnya, perhiasan dari emas yang dibuat dengan emas murni memiliki efek semakin buruk apabila dipakai dikarenakan memiliki tekstur yang lunak. Maka dari itu tidak dapat menahan elemen pada logam lain contohnya berlian. Selain itu akan cepat berubah bentuk jika terkena panas. Karena itu ada suatu istilah yakni emas muda serta emas tua.

Emas muda sendiri merupakan emas yang memiliki kadar emas yang berada dibawah 70% dan untuk emas tua merupakan emas yang memiliki kadar yang berada di atas 70%. Artinya,  suatu emas muda dapat digunakan dengan campuran dari emas yang sedikit dibandingkan pada campuran pada logam lain ketika akan dibentuk menjadi sebuah perhiasan emas.

Untuk emas tua sendiri memiliki kandungan dari emas lebih banyak dibandingkan pada logam campuran yang lainnya ketika akan dibentuk menjadi suatu perhiasan emas. Untuk mengukur kadar pada suatu emas ada beberapa langkah yang dapat diterapkan.

Cara mengetahui kadar pada suatu emas

1.       Menguji emas dengan berat pada jenisnya

Untuk mengetahui suatu kadar yang terdapat pada emas dapat melakukannya dengan menguji berat pada jenisnya.  Pada setiap emas mempunyai berat berbeda. Cobalah menimbang sebuah perhiasan emas kemudian hasil dari timbangan itu menjadi berat kering

Kemudian akan diletakkan pada segelas air pada timbangan serta memasukkan emas yang diikat pada tali tersebut kedalam air, yang hasil timbangan tadi merupakan berat basah. Hasil dari pembagian pada berat kering serta berat basah dapat menghasilkan berat jenis emas. Biasanya emas asli mempunyai berat jenis sekitar 19.3 gram/cm2. Jika bukan maka emas tersebut palsu.

2.       Menguji emas dengan alat Gold Tester

Gold tester sendiri adalah alat untuk digunakan dalam menguji suatu kemurnian pada emas, dengan cara menempelkan ujung dari gold tester pada bagian suatu emas. Nantinya hasil pada perhiasan emas 23 karat dapat berbeda seperti emas 10 karat. Akan tetapi alat tersebut tidak semua orang mempunyainya, biasanya alat tersebut terdapat pada suatu toko emas yang digunakan dalam menguji kemurnian maupun kualitas pada suatu emas.

3.       Menguji emas dengan menggoreskan emas

Cara ini merupakan cara paling mudah, yaitu dengan cara menggoreskan suatu emas pada kertas, keramik maupun batu. Apabila hasil dari goresan tadi menghasilkan suatu goresan yang berwarna hitam, maka emas tersebut palsu dan untuk emas murni berkualitas sendiri tidak meninggalkan suatu goresan sedikit pun.

4.       Menguji emas menggunakan larutan asam

Cara yang terakhir dalam menguji emas yaitu dengan memakai sebuah larutan yaitu asam nitrat. Cobalah untuk meneteskan asam nitrat diatas emas. Emas palsu dan memiliki kandungan logam lainnya apabila ada perubahan pada warna emas, sedangkan emas asli maka tidak akan terjadi perubahan. Selain memperhatikan suatu kualitas emas perlu juga untuk memperhatikannya pada kadar karat juga. Dimana kadar karat merupakan jumlah dari campuran emas serta logam yang lain.

Deskripsi : Penting bagi Anda untuk mengetahui karat emas agar dapat memahami perbedaan antara emas palsu dan emas asli

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis Gula Untuk Membuat Kue yang Perlu Diketahui!

 Ketika kita mendengar kata “gula” pasti yang langsung terlintas dalam pikiran adalah rasa manis. Ya, memang gula akan membuat semuanya menjadi manis. Namun lebih dari itu, gula juga bisa berperan untuk menstabilkan adonan, menambah tekstur dan mempengaruhi rasa berbagai makanan yang kita buat.  Oleh karena itu   penting memahami apa itu gula maupun jenis-jenis gula. Karena tidak semua jenis gula memiliki fungsi yang dapat kita gunakan dalam berbagai macam resep.  Itulah sebabnya tidak ada salahnya jika kita mengenal jenis-jenis gula sebelum menggunakannya untuk tambahan membuat kue maupun campuran ke dalam masakan. Dalam artikel ini, aku akan mengenalkan jenis-jenis gula yang umum digunakan dalam pembuatan kue serta mudah kita temukan di pasaran. Jenis-Jenis Gula Untuk Kue Sebenarnya ada banyak sekali jenis gula, tapi jenis gula ini yang umum digunakan dalam campuran pembuatan adonan kue, muffin atau pun roti. Gula Pasir  Dalam resep kue, ketika hanya disebutkan gula pasi

6 Tips memilih sepeda motor baru dengan tepat

 Selamat datang diblog sederhana ini hari. Hari ini kami bakal bagikan tentang trik memilih sepeda motor baru. Untuk mempermudah waktu tempuh serta jalan masuk yang cepat sepeda motor adalah opsi favorit perjalanan dalam keseharian dengan muatan angkut 2 orang. Hingga sekarang populasi sepeda motor di Indonesia mencapai populasi maksimal dengan ukuran serta panjang jalanan yang tidak mempuni.    Tidak sedikit perpersoalanan perpersoalanan yang ditimbulkan dari sepeda motor baik penggunaan bahan bakar, keluaran emisi gas buang, suara bising yang dihasilkan. Terkait faktor demikian dengan kebutuhan yang tinggi terhadapat penggunaan sepeda motor serta solusi perpersoalanan yang ditimbulkan maka perusahaan otomotif sepeda motor berlomba lomba untuk hebat perhatian pengendara motor. Perusahaan perusahaan tersebut mengeluarkan beberapa produk unggulannya dengan beberapa varian teknologin.  Berikut trik memilih sepeda motor baru dengan cocok,  Pertama, CC Kendaraan sepeda motor  CC ad

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral

 Selamat Datang di blog sederhana ini, Hari ini saya bakal mengulas postingan mengenai Inilah Penyebab serta Tutorial Menanggulangi Gigi Persneling Motor Keras serta Susah Netral. Tak sedikit pengendara motor mengeluhkan persoalan ini soalnya menjengkelkan sekali apabila sedang asik-asiknya berkendara mau pindah gigi persneling susah serta keras serta bahkan juga ada waktu mau nambahin gigi dari gigi satu ke gigi dua malah ke netral jadinya meraung-raung deh tu motor kalo telah gini tentu rasanya kesel jengkel serta tentu ada malunya hahaha , okelah untuk itu disini saya bakal mengulas penyebab persoalan gigi keras serta susah netral semoga saja dapat teratasi.   Seret atau susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang butuh diganti. Yuk kami lihat Yang menyebabkan Gigi Persneling Motor Keras serta Susah Netral. Simak yang berikut ini :  Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi terbukti empuk, tetapi p